SFI = Suore Francescane Immacolatine (Italy) OR Franciscan Immaculatine Sisters (English) ATAU Suster Fransiskan Imakulatin (Indonesia) adalah Kongregasi Fransiskan yang didirikan oleh Padre Lodovico Acernese OFMCap tahun 1881.

Suster Fransiskan Imakulatin yang ada di Keuskupan Sibolga bertempat di Dekanat Nias, yakni di wilayah Paroki Hati Kudus Yesus Telukdalam, Kab. Nias Selatan. Kongregasi ini dimulai di Keuskupan Sibolga pada tgl 08 Juli 2015, pada masa penggembalaan Alm. Mgr, Ludovicus Simanullang, OFMCap .

Setelah kurang lebih 4 tahun di Keuskupan Sibolga, KOngregasi SFI telah merayakan pengikraran Kaul Perdananya yang ke-3, berturut-turut sejak tahun 2017 (1 orang), tahun 2018 (3 orang) dan tahun 2019 (2 orang).

Kongregasi para Suster Fransiskan Imakulatin yang mengambil semangat Bapak Serafik St. Fransiskus Assisi hidup dalam semangat persaudaraan dengan menjalankan karya-karya di bidang karitatif, pendidikan, katekese, dll.

Karena masih dalam tahun-tahun awal kehadiran Kongregasi ini di Keuskupan Sibolga, maka untuk sementara SFI masih berjuang dalam mendirikan Rumah Pendidikan untuk Aspiran, Postulat dan Novisiat yang bertempat di sekitar Desa Hiliamaeta di wilayah Paroki Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga.

Dalam rentangan waktu 4 tahun, tampak kesuburan panggilan yang menjadi calon dalam Kongregasi para Suster Fransiskan Imakulatin. Hingga tahun 2019 ini, jumlah aspiran hingga yang sudah profesi perdana adalah 17 orang, yang didampingi oleh 2 orang suster formator asal Filipina, yakni Sr. Agrifina Inajenes, SFI dan Sr. Wilma, SFI. Pada waktunya yang tampan, Kongregasi SFI ini akan berkarya di salah satu paroki di wilayah Dekanat Nias Keuskupan Sibolga.

Pembangunan gedung rumah pendidikan SFI sedang dalam proses, dan semoga dapat selesai dalam waktu yang diharapkan sehingga mereka dapat menempati rumah/komunitas yang lebih memadai.

Gorrys Alfa

View all posts

4 comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Timeline

Kategori

Twitter Timeline