Kompendium Katekismus Gereja Katolik

Kompendium Katekismus Gereja Katolik, yang dipersembahkan kepada Gereja Katolik di mana pun berada, merupakan sintesis yang cermat dari Katekismus Gereja Katolik. Kompendium ini berisi semua unsur esensial dan dasariah dari iman Gereja dalam bentuk yang ringkas. Baca Kompendium Katekismus Gereja Katolik dalam flip-book di bawah ini, klik zoom atau full screen seturut kebutuhan membaca anda.

Buku “Kompendium Katekismus Gereja Katolik” (KKGK) merupakan ringkasan dari buku Katekismus Gereja Katolik tahun 1992 (yang kemudian direvisi tahun 1997). KKGK sendiri aslinya terbit tahun 2005 di Roma, Italia dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh KWI (dalam hal ini Rm. Harry Susanto, SJ) pada tahun 2009.

Ikhtisar dari Katekismus Gereja Katolik (KGK) ini sangat membantu kita untuk memahami isi buku Katekismus Gereja Katolik. Sebagai ikhtisar tentu saja berisi inti sari dari buku Katekismus itu sendiri. Semoga dengan membaca, mempelajari buku ini, pemahaman umat Katolik tentang katekese semakin kuat dan mampu menjadi saksi Kristus di tengah dunia modern saat ini dan yang akan datang.

Dalam struktur, isi, dan bahasanya, Kompendium ini dengan setia mengacu pada Katekismus Gereja Katolik, dan karenanya membantu Katekismus semakin dikenal lebih luas dan semakin dimengerti lebih dalam.

Karena KKGK merupakan ringkasan dari KGK, maka tidaklah mungkin memahami KKGK hanya dengan membacanya saja, tanpa menyandingkannya dengan Katekismus Gereja Katolik itu sendiri. Hal ini secara tegas dinyatakan dalam pengantar dari KKGK itu sendiri, “Kompendium ini bukanlah buku yang berdiri sendiri, bukan pula dimaksudkan untuk menggantikan Katekismus Gereja Katolik, melainkan justru secara konstan mengacu pada Katekismus itu dengan mencantumkan nomor-nomor acuan yang tertera pada tepi halaman, dan secara konsisten mengikuti struktur, perkembangan, dan isinya.

Jadi, Kompendium ini dimaksudkan untuk menimbulkan kembali minat dan antusiasme kepada Katekismus yang selalu merupakan teks dasar untuk katekese dalam Gereja sekarang ini”. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita juga membaca Katekismus Gereja Katolik.

Gorrys Alfa

View all posts

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Timeline

Kategori

Twitter Timeline