Pedoman Umum Misale Romawi

Pedoman Umum Misale Romawi atau PUMR adalah buku panduan ibadat yang berisi teks dan rubrik perayaan Misa menurut Ritus Romawi dalam Gereja Katolik. Baca PUMR Gereja Katolik dalam flip-book di bawah ini, klik zoom atau full screen seturut kebutuhan membaca anda.

Konsili Ekumenis Vatikan II baru-baru ini, melalui kostitusi liturgi Sacrosanctum Concilium , telah meletakan dasar untuk suatu pembaharuan menyeluruh atas  Missale Romanum . Konstitusi ini menentukan, bahwa pertama-tama “naskah dan tata cara harus diatursedemikan rupa sehingga mengungkapkan dengan lebih jelas hal-hal kudus yang ditandakannya”.

Selanjutnya bahwa “Ordo Missae hendaknya ditinjau kembali, agar menjadi lebih jelaslah makna dan hubungan setiap bagiannya satu sama lain, sehingga mempermudah umat beriman berpartisipasi secara khidmat dan aktif”.  Juga bahwa “khazanah harta Alkitab hendaknya dibuka lebih lebar, agar makanan sabda Allah dihidangkan lebih melimpah kepada umat beriman.”

Pada akhirnya Konstitusi menentukan bahwa “hendaknya disusun suatu tata cara konselebrasi yang baru, dan disisipkan dalam buku Pontificale Romanum dan buku  Missale Romanum .”

Gorrys Alfa

View all posts

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Timeline

Kategori

Twitter Timeline